You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PKL Monas Nekat Gelar Lapak di Cawan Monas
Tingginya animo masyarakat yang berkunjung ke Tugu Monumen Nasional (Monas) selama libur Lebaran, ternyata mengundang kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) liar. Tak hanya menerobos ke dalam areal taman, sebagian PKL liar itu bahkan nekat masuk dan men.
photo Andry - Beritajakarta.id

PKL Monas Nekat Gelar Lapak di Cawan Monas

Tingginya animo masyarakat yang berkunjung ke Tugu Monumen Nasional (Monas) selama libur Lebaran, ternyata mengundang kehadiran Pedagang Kaki Lima (PKL) liar. Tak hanya menerobos ke dalam areal taman, sebagian PKL liar itu bahkan nekat masuk dan menggelar lapak dagangan hingga ke dalam Cawan Tugu Monas.

Para PKL itu tidak ada otaknya, mereka asal main loncat untuk bisa masuk ke dalam

Pantauan beritajakarta.com, memasuki H+1 lebaran, antrean pengunjung yang ingin naik ke pelataran puncak Monas masih membludak. Bersama sanak keluarganya, para pengunjung mengantre tiket sambil duduk-duduk di pelataran Cawan Monas.

Di tengah-tengah pengunjung, sejumlah PKL nampak menggelar lapak dagangan dengan bebas, mulai dari souvenir, mainan anak-anak hingga makanan dan minuman ringan.

Monas Dipadati Ribuan Pengunjung

Kepala Unit Pengelola (UP) Monas, Rini Haryani mengaku kewalahan menghadapi serbuan PKL liar yang masuk hingga ke dalam Cawan Tugu Monas. Terlebih, kehadiran mereka jelas telah merusak keindahan tempat bersejarah ibu kota Jakarta ini. "Tidak ada yang memberikan mereka izin dagang di dalam Monas. Para PKL itu tidak ada otaknya, mereka asal main loncat untuk bisa masuk ke dalam," keluh Rini, Rabu (30/7).

Dikatakan Rini, untuk bisa masuk ke Cawan Tugu Monas, para PKL liar itu nekat melompati pagar pembatas tanpa rasa malu dan bersalah. Jumlah mereka yang tidak terhitung, membuat pihaknya kewalahan melakukan pencegahan. "Mereka itu (PKL liar, red), seakan-akan tidak mau pedulikan keindahan Monas. Heran saya tingkah polah mereka," ujar Rini.

Menurut Rini, pihaknya sudah berupaya keras melarang dan mengimbau para PKL agar tidak berjualan di dalam areal Tugu Monas. Namun, imbauan tersebut seakan tidak pernah diindahkan, justru sebaliknya dilanggar. "Kita sudah imbau mereka dari jauh-jauh hari, jangan sampai buka lapak ke dalam sini, tapi tetap tidak digubris," ucapnya.

Berdasarkan laporan, lanjut Rini, para PKL liar yang memanjat masuk ke dalam areal taman hingga Cawan Tugu Monas tidak bisa dibendung. Tak jarang, sebagian dari mereka berani mengancam petugas jika dilarang berjualan. "Anak buah saya sudah melarang para PKL berdagang di dalam, tapi mereka justru lebih galak kalau dilarang, bahkan tidak segan mengancam," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1171 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1167 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito